Komputer
Bagaian Komputer Bekerja.
- Memori
Pada sistem, memori merupakan merupakan urutan byte yang ada di menomri (seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing memiliki sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang dibutuhkan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisikan salan satu, serta apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan bermacam bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah intruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) memakai salah satu metode pemecah. Intruksi yang lebih kompleks dapat dipakai untuk menyimpan gambar, video, suara, serta bermacam informasi. Informasi yang dapat disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih dari jutaan kali _ memori bisa diibaratkan sebagai papan tulis serta kapur yang bisa ditulis serta dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak bisa dihapus.
Ukuran masing-masing sel, serta jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, serta teknlogi dalam perbuatan memori sudah berubah secara behat – dari relay elektromekanik, ke arah tabung yang diisi dengan air raksa (lalu kemudia pegas) dimana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit perpadu dengan jutaan transistor diatas satu chip silikon.
Pada sistem, memori merupakan merupakan urutan byte yang ada di menomri (seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing memiliki sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang dibutuhkan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisikan salan satu, serta apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan bermacam bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah intruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) memakai salah satu metode pemecah. Intruksi yang lebih kompleks dapat dipakai untuk menyimpan gambar, video, suara, serta bermacam informasi. Informasi yang dapat disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih dari jutaan kali _ memori bisa diibaratkan sebagai papan tulis serta kapur yang bisa ditulis serta dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak bisa dihapus.
Ukuran masing-masing sel, serta jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, serta teknlogi dalam perbuatan memori sudah berubah secara behat – dari relay elektromekanik, ke arah tabung yang diisi dengan air raksa (lalu kemudia pegas) dimana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit perpadu dengan jutaan transistor diatas satu chip silikon.
- Pemprosesan
Unit pengolahan Pusat atau CPU (central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang dibetikan oleh user komputer, pengelolanya bersama data-data yang ada dikomputer. piranti pemrosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti imput, output serta strorage untuk melaksanakan instruksi yang saling berkaitan.
Dalam arsitetur von Neumann yang asli, ia mendefinisikan sebuah Unit Aritmatika serta Logika , serta sebuah Unit Kontrol. Dalam sebuah komputer kodern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Cerntral Processing Unit).
Unit Aritmatikan serta Logika, atau Arithmatic Logic Unit (ALU), merupakan alat yang melakukan pelaksanakan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (pengurangan, tambahan, serta sejenisnya). pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), serta pelaksanaan perbandingan (contohnya, membandingkan isi sebanyaknya dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU sebagai pelaksanaan serta mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah tesebut, serta memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini memiliki fungsi mengontrol pembacaan intruksi perogram komputer.
Unit pengolahan Pusat atau CPU (central processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang dibetikan oleh user komputer, pengelolanya bersama data-data yang ada dikomputer. piranti pemrosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti imput, output serta strorage untuk melaksanakan instruksi yang saling berkaitan.
Dalam arsitetur von Neumann yang asli, ia mendefinisikan sebuah Unit Aritmatika serta Logika , serta sebuah Unit Kontrol. Dalam sebuah komputer kodern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Cerntral Processing Unit).
Unit Aritmatikan serta Logika, atau Arithmatic Logic Unit (ALU), merupakan alat yang melakukan pelaksanakan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (pengurangan, tambahan, serta sejenisnya). pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), serta pelaksanaan perbandingan (contohnya, membandingkan isi sebanyaknya dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU sebagai pelaksanaan serta mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah tesebut, serta memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini memiliki fungsi mengontrol pembacaan intruksi perogram komputer.
- Masukan Dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, serta menaruh hasil kerja disana, bisa berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada bermacam alat I/O, dari keyboard, monitor serta disk drive, ke yang lebih tidak bisa seperti webcam (kamera web, pemindai, pencetak, serta yang lainnya).
Yang mempunyai semua alat masukan biasanya ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang dapat diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digitral. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang dapat dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam definisi ini, sistem komputer digital merupakan contoh sistem pengolahan data.
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, serta menaruh hasil kerja disana, bisa berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada bermacam alat I/O, dari keyboard, monitor serta disk drive, ke yang lebih tidak bisa seperti webcam (kamera web, pemindai, pencetak, serta yang lainnya).
Yang mempunyai semua alat masukan biasanya ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang dapat diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digitral. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang dapat dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam definisi ini, sistem komputer digital merupakan contoh sistem pengolahan data.
- Instruksi
Perintah yang dibahas diatas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya memiliki perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa dipahami kebanyakan komputer adalah “menalin isi sel 123, serta tempat tiruan di sel 456”, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, serta tempat akibat di sel 013″, serta : jika isi sel 999 ialah 0, perintah berikutnya anda di sel 345”.
Instruksi diwakili didalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam peraktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung dibahasa mesin namun memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudia diterjamahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter serta kompilear).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).
Perintah yang dibahas diatas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya memiliki perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa dipahami kebanyakan komputer adalah “menalin isi sel 123, serta tempat tiruan di sel 456”, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, serta tempat akibat di sel 013″, serta : jika isi sel 999 ialah 0, perintah berikutnya anda di sel 345”.
Instruksi diwakili didalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam peraktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung dibahasa mesin namun memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudia diterjamahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter serta kompilear).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).
- Arsitektur
Komputer konteporer menaruh Alu serta unit kontrol ke dalam satu sirkuit perpadu yang dikenal sebagai Unit Pemprosesan Sentral atau CPU. Umumnya, memori komputer ditempatkan diatas dengan beberapa sirkuit kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagaian besar rungan dalam komputer merupakan ancilliary sistem (contohnya, untuk menyediakan tanaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model diatas di satu hal utama – mereka memiliki bebrapa UPS serta unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian serta perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model diatas, namun mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. KOmputer mencapai perintah serta data dari momorinya. Perintah dilakukan, jasil disimpan, serta perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berpeluang sampai komputer dimatikan.
- Program
Program komputer merupakan daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan dara didalam tabel. banyak program komputer berisikan jutaan perintah, serta banyak dari perintah tersebut dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedikit. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks.
Namun, mereka melakukanjutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrograman “progremer Baik memperkembangkan set-set peritah utnuk melakukan tugas biasa (contoh, menggambar titik di layar) serta lalu membuat set-set perintah tersebut ada kepada programmer lain”. Saat ini, kebanyakan komputer bisa melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan sebagai multitasking.
- Sistem operasi
Sistem operasi merupakan gabuangan dari potongan kode yang bermanfaat (berguna). Saat kode komputer bisa dipakai secara bersama dengan beraneka ragam program komputer, sesudah bertahun-tahun, pemrograman ahkhirnya memindahkan dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan prgraman mana yang akan dijalankan, kapan, serta alat yang mana (seperti momori atau I/O) yang mereka pakai. Sistem operasi juga memberikan sebuah layanan (service) kepasa perogram lain, sama seperti kode yang memperbolehkan pemrograman unuk menulis prgram untuk sebuah mesin tanpa harus mengetahui dengan detail dari mana semua alat elektronik yang terhubung pada komputer.
Bagian-bagian Komputer.
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras (Hardware )
- Pemroses atau CPU sebagai unit pengolah data
- Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan data semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor, speaker, headset, plotter, proyektor, dan printer
- Pemroses atau CPU sebagai unit pengolah data
- Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan data semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor, speaker, headset, plotter, proyektor, dan printer
Perangkat lunak (Software)
- Sistem operasi
- Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
- Program komputer
- Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
- Sistem operasi
- Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
- Program komputer
- Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Fungsi Hardware dan Software Komputer
Terlepas adanya perbedaan yang mencolok antara software dan hardware 2 jenis perangkat ini ternyata memiki fungsi masing-masing, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya.
Fungsi Hardware
- Sebagai media pemberi masukan data (eksekutor).
- Hardware berfungsi sebagai pengolah data.
- Hardware juga mempunya fungsi sebagai penampil inputan dari subuah proses.
Fungsi Software
- Software berfungsi sebagai sistem operasi atau sistem pendukung.
- Software berfungsi untuk mengatur (mengontrol) hardware.
- Sofware juga berfungsi sebagai penerjemah setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh hardware.
Penulis dan Aslinya :
Mantap 👏🏻
BalasHapus