Kamis, 20 Agustus 2020

Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi, dan Jenisnya

 Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi, dan Jenisnya

Macam-macam Jaringan Komputer | Berita Kumpulan Program Komputer ...

Sebelum membahas tentang pengertian jaringan komputer, akan lebih baik Anda kenali dulu tentang apa saja yang berkaitan dengan itu. Sebelum ada teknologi yang berkembang seperti saat ini, dulu orang-orang hanya mengandalkan radio saja untuk mencari informasi. Namun, berkat adanya jaringan komputer dan internet yang semakin berkembang, semua orang lebih mudah mencari informasi apa saja.

Dengan internet itulah membuat penyebaran informasi semakin cepat diterima masyarakat umum. Bahkan, penyebarannya tersebut bisa sampai ke seluruh dunia berkat internet. Jadi, internet adalah salah satu jaringan komputer yang paling banyak digunakan orang saat ini. Entah itu untuk berjualan online, melakukan komunikasi, bermain game online, dll.

Melihat hal tersebut, tahukah Anda tentang jaringan komputer? Karena jaringan komputer ini memanfaatkan kombinasi dari teknologi kabel dan wireless yang biasa digunakan agar tersambung dengan internet. Sehingga, khusus jaringan yang memakai kabel biasanya akan membutuhkan bantuan dari coaxial cable dan optical fiber. Sedangkan untuk sifatnya sendiri bisa publik dan private.

Untuk jaringan private itu membutuhkan user yang bertugas untuk memasukkan kredensial agar dapat mengakses jaringannya. Dalam hal ini, biasanya prosesnya dilakukan secara manual oleh pihak administrator jaringan. Selain itu, biasanya prosesnya didapat langsung lewat kata sandi ataupun kredensial yang lain. Sedangkan untuk jaringan publik layaknya internet itu tidak ada batasan aksesnya.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer ialah merupakan sebuah sistem yang tersusun atas 2 komputer, bahkan bisa saling terhubung lewat media komunikasi atau media transmisi. Sehingga, keduanya ataupun semuanya bisa saling berbagi aplikasi, data, dan berbagi hardware komputer. Istilah dari jaringan komputer itu juga bisa diartikan menjadi kumpulan dari beberapa terminal komunikasi.

Entah itu dari 2 komputer atau bahkan lebih yang sama-sama terhubung. Tujuan dibuatnya jaringan komputer adalah supaya data informasi yang dibawa transmitter sebagai pengirim, bisa sampai ke pihak penerima dengan tepat dan akurat tanpa kesalahan apapun. Jaringan komputer inilah yang nantinya akan memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi dengan yang lain dengan mudah dan praktis.

Disamping itu, peran dari jaringan komputer itu dibutuhkan sekali supaya dapat melakukan integrasi data diantara komputer client. Dengan begitu, didapatkanlah data yang relevan. Untuk membuat jaringan komputer ini, maka router dan switcs memakai beberapa protokol dan algoritma. Sehingga, keduanya bisa bertukar informasi dan bisa membawa data yang diinginkan menuju ke titik akhir.

Setiap titik akhir itu sendiri terkadang dikatakan sebagai host. Bagian ini biasanya punya tanda pengenal yang unik dan biasanya berupa alamat media access control atau alamat IP. Alamat ini nanti bisa digunakan sebagai petunjuk sumber atau sebagai tujuan transmisinya. Sedangkan dibagian endpoint itu nanti bisa meliputi server, telepon, komputer pribadi, dan beberapa hardware jaringan.

Fungsi Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer itu peranannya penting sekali untuk individu dan lembaga perusahaan. Karena fungsinya sendiri memang efektif untuk melindungi data penting. Dengan begitu, resiko kehilangan data itu bisa diminimalisir lebih tinggi. Disamping itu, jaringan ini juga dapat memastikan agar semua data penting tidak sampai hilang saat didistribusikan ke perangkat yang lain. Kemudian untuk informasi lebih lengkapnya ada dibawah ini!

  1. Jaringan komputer bisa berfungsi untuk meningkatkan transfer data. Proses transfer data biasanya lebih cepat daripada menggunakan media lainnya. Kegiatan berbagi data dengan jaringan komputer ini tentunya akan mempermudah user untuk mendapatkan informasi tanpa berlama-lama. Tak heran, selain untuk mengamankan data, jaringan komputer juga sering digunakan untuk proses transfer data.

 

  1. Dengan jaringan komputer, maka segala informasi bisa lebih terjaga. Jadi, selain bisa digunakan untuk mengamankan data supaya tidak hilang. Ternyata jaringan komputer juga bisa berguna untuk membuat data penting selalu up to date dan valid. Penjagaan informasi yang dilakukannya ini bisa berupa pemberian batasan akses saat data sedang diproses.

 

  1. Tentunya dengan jaringan komputer inilah Anda bisa lebih menghemat uang. Karena kegiatan sehari-hari makin efektif dengan jaringan komputer. Misalnya saja saat membicarakan tentang dunia kerja. Dimana perusahaan kini tidak harus menyediakan printer untuk setiap komputer. Berkat jaringan komputer, maka 1 printer bisa digunakan pada beberapa komputer sekaligus.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Sebenarnya setiap jaringan komputer ada yang bisa digunakan untuk server dan client. Namun, ada juga jaringan yang dilengkapi dengan komputer khusus untuk didedikasikan menjadi server saja, sementara yang lain menjadi client. Akan tetapi, ada juga yang tidak mempunyai komputer khusus untuk server saja. Dari sinilah, jika dilihat dari fungsinya, maka jaringan komputer terbagi menjadi 2.

  1. Client server, ini adalah sebuah jaringan komputer yang memang didedikasikan menjadi server. Untuk client server ini bisa juga dijadikan sebagai layanan untuk 1 komputer dan juga lebih. Misalnya saja, untuk 1 domain yang dimanfaatkan oleh banyak komputer. Namun, bisa juga dimanfaatkan untuk banyak layanan pada 1 komputer saja.

 

  1. Peer to peer, jenis jaringan komputer ini merupakan disaat setiap hostnya bisa menjadi client dan server secara bersamaan. Misalnya saja dalam file sharing diantara komputer pada jaringan windows ada 5 PC dengan nama A, B, C, D, E. Maka setiap komputer punya hak akses pada filenya.

Suatu ketika A mengakses file share B dan memberi akses ke C, ketika A mengakses file B, A bisa menjadi client. Sementara itu, disaat A memberi akses ke C, maka PC A bisa menjadi server. Kedua fungsi yang dimiliki oleh A ini bisa dikerjakan secara bersamaan. Sehingga, disebut juga dengan jaringan peer to peer.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

Pengelompokan jaringan komputer berdasarkan areanya ini bisa dilihat dari segi luas jangkauan yang bisa dilayani oleh jaringan komputer. Karena jaringan komputer itu umumnya memiliki 3 jenis jaringan, yaitu local area network, wide area network, dan metropolitan area network. Lebih lengkapnya akan dijelaskan keseluruhan berikut ini!

  1. Local Area Network. Jenis jaringan komputer ini bisa mencakum area kecil. Maka dari itulah, jenis jaringan ini sering digunakan pada rumah, sekolah, kantor dan gedung. Bahkan, terkadang LAN ini sering dimanfaatkan pada ruangan yang lebih kecil lagi, seperti di setiap ruangan kantor. Namun, biasanya ini tergantung dari peraturan perusahaan.

 

  1. Metropolitan Area Network. Jenis jaringan yang satu ini biasanya digunakan pada ruangan yang lebih luas dan besar bisa untuk antar wilayah 1 propinsi dan bisa lebih. Jaringan MAN ini menyambungkan pada beberapa jaringan LAN agar cakupan areanya lebih luas, misalnya saja untuk kantor pusat yang terhubung dengan beberapa kantor cabang.

 

  1. Wide Area Network. Jenis jaringan ini merupakan jaringan yang paling besar. Karena sudah memanfaatkan satelit, fiber optik, dan wireless. WAN bisa melintasi sampai antar negara yang ada di seluruh dunia. Misalnya saja seperti kantor pusat otomotif yang ada suatu negara yang masih bisa berkomunikasi secara elektronik dengan kantor cabangnya yang ada di negara lain.

Baca Juga: Pengertian VPN (Virtual Private Network), Jenis, Fungsi, Cara Kerjanya

 

Jenis Topologi Jaringan Komputer

Setelah membahas tentang pengertian jaringan komputerfungsi, dan jenisnya berdasarkan fungsi dan areanya, kali ini akan dibahas tentang jenis topologi jaringan. Seperti yang diketahui, bahwa didalam komputer itu ada beberapa macam topologi jaringan. Diantaranya yaitu, topologi ring, bus, star, mesh, tree, peer to peer, linier, dan hybrid.

topologi jaringan komputer
Macam – Macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi Ring

Topologi ring merupakan topologi cincin yang kerap digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain, menggunakan rangkaian melingkar seperti cincin.

Topologi Bus

Sedangkan, untuk topologi bus adalah jenis topologi yang lebih praktis. Karena biasanya hanya dimanfaatkan untuk instalasi jaringan kabel coaxial. Kemudian, topologi star atau topologi bintang.

Topologi Mesh

Ada lagi topologi mesh, yaitu topologi yang bisa dimanfaatkan untuk banyak rute. Topologi Tree, disebut juga dengan topologi pohon sebagai kombinasi dari topologi star dan topologi bus. Selanjutnya, ada topologi Peer to Peer dan ini adalah topologi paling sederhana. Karena cuma menghubungkan antara 2 PC saja, sehingga jauh lebih praktis dibandingkan yang lain.

Topologi Linier dan Hybrid

Terakhir ada topologi linier dan topologi hybrid, topologi linier itu disebut juga topologi bus berurut. Karena hanya menggunakan 1 kabel utama pada setiap titik sambungan komputer. Sedangkan topologi hybrid merupakan kombinasi dari beberapa topologi yang tidak sama untuk membentuk jaringan yang baru. Jadi, seperti itulah  jaringan komputer dan serba-serbinya, semoga bermanfaat untuk Anda.


Penulis dan Aslinya : https://bootup.ai/blog/pengertian-jaringan-komputer-fungsi-dan-jenisnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal Teknologi Layanan Jaringan (J7)

 Soal Paket Teknologi Layanan Jaringan (J7) SOAL J7 (PAKET A - PAKET B) PAKET A 1. Software yang banyak dipakai untuk pembangunan softswitsc...

Terpopuler