Selasa, 22 September 2020

Pengertian Shared Hosting Server, Cara Kerja, Jenis-Jenis serta Konfigurasinya

 Pengertian Shared Hosting Server

Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama.


Cara Kerja Shared Hosting Server

Cara Kerja dari shared hosting server sama halnya ketika kita ingin mengakses suatu website, maka kita perlu mengetikkan alamat website pada browser yang kita gunakan.
Kemudian,  perintah dari browser akan diteruskan internet ke server hosting untuk dieksekusi sesuai permintaan. Hasil dari aktivitas ini adalah tampilan gambar & informasi website yang ingin diakses, yang akan diteruskan oleh internet agar dapat tampil pada browser Anda. Sehingga Anda mendapatkan tampilan halaman website yang Anda butuhkan, begitulah cara kerja web hosting.

Jenis-Jenis Shared Hosting Server

1. Shared Hosting
Shared Hosting adalah layanan paling populer untuk pengguna yang sedang membangun website pertama mereka dengan cakupan yang masih kecil. Shared hosting digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Para pengguna layanan shared hosting tersebut berbagi resource & kapasitas server bersama-sama.

2. Cloud Hosting
Cloud Hosting adalah tipe hosting dengan sumber daya (resource) yang berasal dari beberapa server fisik terpusat yang berjalan secara bersamaan atau yang biasanya disebut dengan cluster. Anda dapat membangun mesin virtual yang tidak terbatas dengan menggunakan cloud hosting. Ketika Anda menggunakan layanan berbasis cloud hosting, resource yang Anda gunakan dapat dikurangi atau ditambah sesuai dengan kebutuhan website.

3. Dedicated Server
Dedicated server adalah sebuah layanan penyewaaan sebuah server kepada seorang user atau pengguna. Sehingga hanya anda sendiri yang akan menggunakan dan menempati sebuah server tersebut. Anda memiliki hak yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan VPS.

4. Virtual Private server (VPS)
VPS adalah Virtual Private server. VPS dapat dikatakan sebagai titik tengah antara shared hosting dengan dedicated server. VPS adalah sebuah server yang menggunakan teknologi virtual untuk membagi hardware fisik menjadi beberapa virtual server. Setiap VPS dapat menjalankan sistem operasinya masing-masing dan juga dapat di restart atau reboot terpisah meski didalam satu server terdapat beberapa virtual machine didalam server.


Perbedaan Shared Hosting, VPS Hosting, dan Dedicated Server

Shared hosting dapat digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Para
pengguna layanan shared hosting tersebut berbagi resource & kapasitas server bersama-sama.
Sedangkan, VPS Hosting sama halnya dengan Dedicated mereka hanya membagi server tersebut
kedalam virtual sehingga seakan-akan user menyewa layanan tersebut.
Sedangkan, Dedicated server, 1 server digunakan untuk 1 user.


Cara Konfigurasi Shared Hosting Server

  1. Buka interfaces dan tambahkan IP.
  2. Masukan IP untuk web kedua dan ketiga.
  3. Restart interfaces dengan cara etc/init.d/networking restart.
  4. Coba ping semua IP yang sudah ditambahkan.
  5. Tambahkan catatan untuk mempermudah dan mudah di ingat.
  6. Install apache2,mysql,phpmyadmin,bind9 dan FTP Server.
  7. Sekarang edit difolder apache2. Selesai 
Penulis & Aslinya: https://syagam013.blogspot.com/2020/09/pengertian-shared-hosting-server-cara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Soal Teknologi Layanan Jaringan (J7)

 Soal Paket Teknologi Layanan Jaringan (J7) SOAL J7 (PAKET A - PAKET B) PAKET A 1. Software yang banyak dipakai untuk pembangunan softswitsc...

Terpopuler